Belajar Langsung dari Praktisi , Mahasiswa Ilmu Komunikasi ke Kompas Gramedia : Bedah Kasus Salah Cetak " Loren Ipsum"
Vicky Nurul Intan Silviani-Pusat1Info
Senin, 9 Juni 2025
Pusat1Info- Jakarta. Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNISSULA berkunjung ke kantor pusat Kompas Gramedia, Jakarta pada Sabtu (24/05) . Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait dengan proses produksi media massa dan mengelola krisis yang dihadapi di industri penerbitan. Materi yang diberikan sangat relevan dengan mata kuliah Manajemen Isu dan Krisis.
Saat kunjungan tersebut, mahasiswa mendapatkan pembekalan secara langsung dari tim Marketing Komunikasi Perusahaan Kompas Gramedia yang berkaitan dengan Strategi Penanganan Isu dan Krisis Komunikasi yang pernah terjadi pada tahun 2019. Pada saat itu kesalahan yang terjadi disebabkan oleh kelalaian bagian proses editing dan desain, di mana placeholder teks tidak diganti sebelum cetak final. Foto pada halaman depan menampilkan teks “Lorem Ipsum” bersebelahan dengan gambar petenis Roger Federer. Kejadian salah cetak tersebut sangat cepat menyebar di media sosial, terutama Twitter sehingga memicu berbagai tanggapan dari netizen. Terdapat beberapa netizen yang menggangap hal tersebut lucu, terdapat juga yang respect & memaklumi kesalahan terhadap desain grafis Kompas namun ada juga yang memberikan tanggapan sekelas perusahaan besar seperti Kompas kok lalai dalam hal percetakan.
Ibu Terrence Karmela Kontessa menjelaskan strategi yang dilakukan oleh Kompas untuk menghadapi isu kontroversial yang muncul merupakan akibat kesalahan pada desain "Loren Ipsum" pada salah satu edisinya. Dalam kurun waktu satu jam semenjak isu tersebut muncul di media sosial , tim Kompas langsung melakukan pemantauan sentimen publik agar dapat menetukan arah untuk merespons secara tepat tanpa memperburuk reputasi perusahaan.
Kompas juga melakukan permohonan maafnya, setelah satu jam berlalu ,melalui akun resmi di twitternya. Pada versi digital Kompas memberikan kompensiasi yang berupa diskon 30% pada pelanggannya dengan kode “LOREM IPSUM”. Kompas juga melakukan upaya pencegahan jangka panjang dengan cara mengadakan forum diskusi bersama komunitas pembaca untuk memperoleh solusinya. Hasil diskusi yang didaptkan pada forum tersebut memberlakukan penambahan SOP pada sistem percetakan.
Komentar
Posting Komentar